fbpx

Jurus Ketiga: FB Ads

***Disclaimer : Dengan anda beriklan Facebook anda akan mengeluaran uang untuk iklan , Dan ini adalah bisnis , iklan anda bisa berhasil , bisa juga gagal ..

Jika anda tidak siap investasi dengan kegagalan dengan hilang uang di Facebook .. DILARANG KERAS iklan Facebook ..

kerjakan PR yang lain saja ..=)

** PENTING !! .. sehebat hebatnya skill /  teknik iklan anda  , yang paling penting dari itu semua adalah content iklan yang bagus !

Copywriting iklan yang bagus ! Video iklan yang bagus !!

jadi anda harus bisa membuat iklan yang bagus ! .. perdalam skill bagaimana membuat copywriting dan video iklan yang bagus .. join telegram dibawah ini untuk melihat cth cth copywriting iklan yang bagus

Macam – Macam Iklan Facebook 

Facebook memiliki berbagai macam iklan .. ibarat ita ingin iklankan produk kita secara konvensional , kita bisa melakukan berbagai cara , misalnya cara 1 dengan bagi brosur , cara 2 dengan pasang baliho , cara 3 dengan memerikan kupon diskon untuk datang yang berikutnya dll ..

Nah facebook sendiri memiliki berbagai cara / tipe iklan yang bisa kita pilih

Awareness : — > tujuannya adalah untuk branding produk kita, memperkenalkan produk kita ke orang lain

  1. Brand Awareness  ( dulu disebut PAges Like ) : memperkenalkan produk kita ke orang lain ( tidak memikirkan sales dulu ) lebih ke branding .. yaitu dengan iklankan fanpages kita supaya orang like fanpages kita
  2. ReachShow your ad to the maximum number of people. BRanding produk kita hanya kepada orang sekitaran usaha kita . Biasanya iklan ini untuk restoran / toko yang kita buka . Dan kita iklankan facebook , yang dapat iklan facebook kita hanya orang orang yang ada di radius 3 km dari resto / toko kita .

Consideration 

  1. Traffic ( dulu disebut CTW / Click To Website ) : adalah iklan facebook yang muncul di timeline orang tertarget yang ketika orang klik iklan kita akan di tujukan ke website utama kita ( biasanya ini jika kita sudah yakin dengan produk kita / orang sudah kenal produk kita ) tujuan utma adalah mengumpulkan pixel . kelemahannya dari iklan Traffic ini adalah harganya bisanya cukup mahal .
  2. Engagement ( dulu disebut PPE = Post PAge Engagement ) : adalah iklan yang ketika orang klik iklan kita larinya adalah ke fanpages kita . Iklan Engagement ini ditujukan biasanya untuk branding dulu memperkenalkan produk kita, lebih kepada akan terjadi interaksi di fanpages kita , orang akan comment likes dan sharing . Kelemahannya adalah kita ga bisa pasang pixel dan tak bisa melakukan retargeting . Kelebihannya harganya biasanya cukup murah per klik / per engagement disebutnya ( yaitu ketika orang like , comment dan share itu disebut engagement )
  3. App installs : biasanya iklan untuk aplikasi android / ios .. Tujuannya adalah orang akan install aplikasi dari si pengiklan
  4. Video Views : untuk mengiklankan Video . biasanya kalau iklan video ini bisa murah sekali . USahakan jangan terlalu panjang video iklannya supaya orang tidak bosan . KElebihan video view ini salah satunya juga bisa dipasang pixel
  5. Lead Generation : Tujuan iklan adalah untuk mendapatkan email dari si prospek . JAdi ketika orang lihat iklan kita , untuk bisa lihat info seterusnya mereka akan diminta untuk menyetujui email mereka akan kita minta sebagai database kita , baru info selanjutnya bisa terbuka . Bagus sekali kita akan mendapatkan data valid baik email dan no hp yang bisa kita followup bahkan secara manual .
  6. Messenges — > iklan kita tujuan utamanya adalah orang contact ke fb messenger kita .. dan kjita bisa setting otomatis..ketika orang contact via messenger .. dengan kita suguhkan pertanyaan dan kita bisa buat alur jawaban melalui messenger kita

Conversions : Tujuan utamanya adalah memksimalkan konversi / tingkat sales . Biasanya untuk iklan ini harus sudah ke kumpul pixel dulu / custom audiencesnya sudah terbentuk dari hasil kita iklan traffic / engegament sebelumnya

  1. Conversions : JIKA TUJUAN ANDA HARD SELLING dan ingin langsung jualan Gunakan Langsung CONVERSION !!  dulu disebut web conversions , kita bisa iklankan kepada orang orang yang pernah membeli produk kita , atau pernah klik add to cart pada toko online kita . Kelebihannya : akan sangat tertarget sekali , karena kita iklankan kepada orang orang yang sudah sangat serius dan tertarik dengan produk kita , dan bahkan terlebih sudah pernah beli produk kita . Bisa kita tawarkan produk lain yang sejenis . Kelemehannya : Biasanya reachnya kecil . Kelebihannya : iklan kita benar benar tertarget kepada orang yang tepat … Get people to take valuable actions on your website or app, such as adding payment info or making a purchase. Use the Facebook pixel or app events to track and measure conversions.
  2. Product Catalog Series : create ads that automatically show products from your product catalog based on your target audiences
  3. Store Visits : Get more people nearby to visit your brick and mortar locations . Promote multiple business locations to people who are nearby.To create a campaign using store visits, set up your business locations in business manager.

 

PENTING !!

Hal utama sebelum iklan Facebook anda harus memahami Susunan Iklan Facebook

Campaign — > Jenis iklan yang ingin dijalankan

Adset — > Menentukan budget iklan, jadwal iklan, target audience, dan penempatan iklan.

Budget & Schedule : tempat kita set budget berani berapa uang yang kita keluarkan untuk iklan dalam 1 hari .. apakah Rp 25 ribu atau Rp 100 ribu

Audience :

Location : anda bisa targetkan lokasi dimana iklan anda ingin muncul .. misal rumah anda di Jakarta dan anda hanya mau jual produk anda di jakarta saja maka anda pilih Locationsnya : Jakarta

Age :  di adset juga tempat setting umur  ( umur berapakah yang akan dapat iklan kita )

Detailed Targeting : Setting interest : misal anda ingin menjual bakso .. maka anda bisa incar interestnya orang yang suka bakso ,

atau anda ingin menjual popok bayi .. anda bisa incar audience interestnya adalah ibu rumah tangga yang memiliki anak 01-12 bulan dst

Placements : Anda ingi iklan anda tampil dimana ? ..di Dekstop atau di handhpone saja atau di semua nya anda bisa setting disini

disini juga kita setting schedule iklan kapan iklan kita mau ditampilkan dan kapan iklan kita mau distop

Ad — > tempat dimana kita membuat iklan , memasukan gambar , menulis judul iklan dan membuat deskripsi iklan

COPYWRITING !!!

Kunci Sukses keberhasilan iklan adalah bagaimana anda membuat COPYWRITING yang menghipnotis !! Baik di iklan nya maupun di Landing PAges

Bagaimana Cara Belajar Copywriting ?

Cara paling mudah adalah belajar dari copywriting iklan orang lain yang sudah sukses

LANDING PAGES !

Rata rata PAra internet marketer sukses beriklan Facebook yang diarahkan ke landing Pages jadi anda harus belajar juga membuat landing pages

Bagi teman-teman yang ingin serius memperdalam untuk menguasai tekni FB Ads, bisa belajar lebih lanjut disini: https://bisnisdaring.id/fbigads